Tanaman Hias > Catatan Terlengkap Tentang Tanaman Hias

Bagi kaum wanita, terutama ibu-ibu dengan hobi akan berkebun dan bunga, tanaman hias bukanlah hal asing didengar. Tanaman hias merupakan salah satu jenis tumbuhan holtikultura yang ditanam dengan tujuan penggunaan sebagai salah satu unsur penghias taman, kebun ataupun digunakan saat acara. Bentuknya pun beragam, ada berbentuk pohon, tumbuhan merambat, semak kecil ataupun berbentuk perdu. Kesemuanya tetap mengedepankan konsep menghias nan indah serta keunikan masing-masing.

Keindahan yang diambil dari tanaman hias tidak hanya bergantung pada bunganya saja, tapi bisa kepada bentuk batang atau pohon, dedaunan hingga warnanya. Karena memang tidak semua jenisnya memiliki bunga, ada yang hanya memiliki daun saja akan tetapi sangat lebat dan rimbun.

Tanaman Hias

Tanaman Hias

Jika ingin melihat jenisnya, banyak sekali tumbuhan yang saat ini dijadikan tanaman hias. Salah satunya jenis Aglaonema, Adenium, Euphorbia, Anterium, hingga jenis yang umum sekali seperti Melati, Anggrek, Bonsai dan Mawar. Keseluruhannya tentu saja memiliki keunikan tersendiri, baik dari bentuk hingga cara-cara perawatannya.

Aglaonema

Jenis pertama yaitu Aglaonema, atau lebih dikenal dengan sebutan Sri Rejeki. Aglaonema memiliki 40 spesies, tersebar di seluruh daratan Asia dengan iklim tropis dan dapat tumbuh hingga tinggi batang mencapai 150 cm. Ciri utamanya adalah tidak memiliki bunga, akan tetapi memiliki daun dengan warna unik serta berbentuk oval. Dasar daun berwarna hijau dengan warna putih susu atau merah pucat yang tersebar seperti bercak atau berupa degradasi warna pada permukaan daunnya. Daun tumbuh rimbun pada batang utamanya, sehingga membuatnya terlihat sangat lebat. Batangnya merupakan batang tunggal, tetapi memiliki tunas di setiap buku-bukunya sebagai cikal bakal cabang baru. Tetapi tidak keseluruhan tunas ini akan tumbuh menjadi cabang baru.

Adenium

Jenis kedua adalah Adenium, atau dikenal juga dengan nama Kamboja Jepang, walau sebenarnya Adenium sama sekali tidak termasuk kepada jenis kamboja. Adenium berasal dari daratan Asia Barat dan Afrika dengan habitat gurun pasir kering. Sehingga habitan penanaman untuk tumbuhan ini adalah media kering, seperti pasir atau sekam bakar. Jika media hidupnya adalah media kering, lalu bagaimana proses penyiramannya? Untuk penyiraman, pada musim kemarau dilakukan setiap 2 hari, sedangkan ketika musim hujan setiap 4 hari saja.

Adenium memiliki ciri khusus batang besar kokoh, dan kumpulan bunga yang sangat rimbun. Warnanya pun bermacam-macam, bisa berwarna merah, pink ataupun jingga. Untuk mendapatkan bunga ini, proses pemupukan haruslah dilakukan dengan tepat, yaitu cukup 2 kali seminggu. Keunikan dalam perawatan tanaman ini adalah adanya proses penggantian pot, minimal 6 bulan sekali, jika bonggol batang membesar dan tidak sesuai lagi dengan ukuran potnya.

Anggrek

Untuk tanaman hias satu ini, tentu saja kita sudah tidak asing lagi, karena memang sudah lama beredar dan banyak dibudidayakan. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan kecepatan relatif lambat, media tanamnya pun dapat menggunakan pot gantung, ataupun sabut kelapa yang diisi dengan tanah. Sehingga pertumbuhannya sangat diperngaruhi oleh faktor tanaman itu sendiri, hingga faktor luar seperti penyiraman, pemupukan dan penggunaan media yang tepat.

Euphorbia

Tanaman hias jenis ini tergolong unik. Karena batangnya bercabang dan berbentuk seperti kaktus, dimana terdapat kumpulan bunga lebat berwarna merah atau kuning pada bagian ujungnya. Proses perawatannya tidaklah terlalu sulit. Untuk media tanam dapat menggunakan tanah pupuk, karena tanaman hias ini membutuhkan banyak zat hara. Jenis pot yang digunakan pun haruslah memiliki sistem drainase air yang baik serta pemupukan dilakukan 2 hari sekali. Jenis ini semakin banyak diminati, karena adanya kepercayaan terhadapnya bahwa, jika bunganya mekar dalam jumlah banyak maka mampu mendatangkan rejeki pada pemiliknya.

Bonsai

Lalu jenis tanaman hias lainnya adalah bonsai. Sama seperti anggrek, mawar dan melati, tumbuhan ini sudah umum sekali kita temui, namun tetap memiliki daya tarik tersendiri diantara jenis lainnya. Bonsai adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki batang/pohon sengaja dikerdilkan dan ditanam pada pot dangkal. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan tanaman berukuran mini.

Proses pengkerdilan juga dapat dilakukan dengan cara memotong akar, ranting atau menggunakan bantuan kawat untuk mengendalikan pertumbuhan rantingnya. Selain memiliki keunikan ukuran mini dan akar yang menonjol keluar, tumbuhan ini sama sekali tidak memiliki bunga, alias hanya daun saja. Tetapi bentuk daun yang dimilikinya dapat menyerupai payung hingga bulatan besar.

Tertarik untuk meletakkan tanaman hias sebagai pemanis di rumah, anda bisa mencoba salah satau jenis diatas, sesuaikan dengan luas ruangan dan kesukaan anda tentunya.

Sumber gambar : http://tabloidgallery.files.wordpress.com/2007/09/pot-euphorbia.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0