Teknologi Informasi : Tulisan Tentang Teknologi Informasi

Teknologi Informasi atau disingkat TI adalah seluruh teknologi yang dibuat oleh manusia untuk membantu pekerjaan manusia dalam membuat, menyimpan, mengkomunikasikan, serta menghitung. Teknologi tersebut selalu berkembang setiap waktu dan selalu mengalami kemajuan. Semakin maju teknologi akan semakin memudahkan manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Banyak informasi yang didapat dari teknologi Informasi.

Tidak hanya komputer, teknologi informasi juga meliputi sarana penyalur media massa, seperti Televisi, radio, atau handphone (Smartphone). Bisa dilihat bahwa setiap saat pada alat teknologi informasi tersebut selalu mengalami perkembangan dari segi fitur, program, ataupun perubahan bentuk fisik dari alat tersebut. Sebagai pusat informasi, tentu kita harus bijak dalam pemanfaatannya. Jika penggunaan teknologi tidak disertai dengan adanya kebijaksanaan dari pengguna, maka teknologi tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentingan yang dapat merugukan orang lain.

Pada masa lampau, manusia hanya menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi kepada orang lain. Untuk melakukan perbincangan dengan seseorang yang jauh jaraknya harus menggunakan surat yang dikirim dengan burung merpati. Sedangkan untuk saat ini sangat mudah berbincang-bincang dengan orang lain hanya dengan menggunakan ponsel atau menggunakan facebook melalui komputer. Penyampaian informasi pertama kali hanya berupa gambar atau visual. Gambar tersebut dilukiskan dengan tujuan agar dapat bertahan lama dan mudah dimengerti seseorang.

Contoh dari penyampaian informasi ini adalah lukisan purba yang terdapat di dalam goa peninggalan prasejarah yang masih bertahan sampai saat ini. Jika dilihat teknologi penyampaian informasi telah ada sejak zaman prasejarah. Semua penyampaian tersebut masih berupa gambar visual saja dan hanya bersifat permanen dan tidak bisa dirubah. Kemudian teknologi pnyampaian informasi melalui alat pertama kali dikembangkan oleh orang-orang di benua amerika dan eropa dengan adanya telepon, radio, serta faximile. Namun semua alat tersebut hanya bersifat konvensional dan dirasa kurang efektif sehingga diciptakanlah komputer. Semakin lama alat-alat tersebut semakin mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu. Pada saat ini banyak sekali yang bersaing untuk menciptakan inovasi terbaru di dalam pengembangan teknologi informasi.

Inovasi yang ada selalu membuat kemudahan bagi manusia dalam menyelesaikan pekerjaan. Contoh-contoh dari inovasi tersebut, seperti perkembangan dri televisi tabung ke televisi LED, hadirnya Smartphone sebagai pengembangan dari telepon seluller biasa, serta hadirnya komputer dengan kecepatan tinggi sebagai perkembangan kemputer zaman dahulu. Jika perkembangan semakin maju dan sedangkan perkembangan sumber daya manusia tidak didukung, maka akan terjadi gaptek atau tidak tahu tentang perkembangan teknologi tersebut. Secara umum teknologi informasi memiliki makna penting dalam era globalisasi saat ini.

Dengan teknologi informasi maka segala sesuatau bukan menjadi hal yang mustahil untuk dikerjakan. Namun jika teknologi ini semakin memudahkan manusia maka akan berakibat manusia akan menjadi semakin malas untuk mengerjakan sesuatu sendiri karena sudah dianggap bisa diselesaikan oleh alat. Jika kemalasan ini terus berlanjut bisa jadi manusia akan dijajah oleh alatnya sendiri atau biasa disebut dengan senjata makan tuan. Selain itu, dengan bermalas- malasan akan berakibat timbulnya berbagai penyakit yang berbahaya pada manusia. Memang selain membawa dampak positif, teknologi juga membawa dampak negatif pula. Namun kebanyakan dampak yang dibawa memang dampak yang positif. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari teknologi informasi antara lain :

  1. Memudahkan manusia mengakses segala sesuatu
  2. Mendapatkan hasil kerja yang sesuai dengan keinginan pemilik alat
  3. Menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien
  4. memudahkan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu dan bertatap muka secara langsung

Sesuai dengan tujun tersebut, maka perlu adanya kebijaksanaan dalam penggunaannya karena semua dampak dari alat teknologi tergantung dari pengguna alat tersebut. Jika digunakan untuk kepentingan yang baik maka akan berdampak positif. Namun akan membawa dampak negatif jika yang menggunakan memiliki niat yang buruk dalam penggunaannya seperti halnya internet yang membawa dampak positif dan dampak negatif bagi yang menggunakan.

Namun Teknologi juga dapat digunakan untuk ajang lahan pekerjaan bagi seseorang bila seseorang tersebut dapat memahaminya. Seperti contoh : seseorang akan mendapatkan uang dengan komputer jika bisa memahaminya dengan cara membuka warnet atau memperbaiki komputer.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0