Teras Rumah > Tulisan Terlengkap Tentang Teras Rumah

Memiliki sebuah rumah yang nyaman dan sesuai dengan keinginan adalah dambaan semua pemiliknya, baik menyangkut desain interior ataupun eksteriornya. Salah satu bagian hunian ini yang mendapat perhatian cukup besar bagi pemiliknya adalah teras rumah. Dimana fungsi bagian ini sebagai bagian terluar dari bangunan tempat tinggal adalah sebagai cermin dari hunian itu sendiri, sekaligus untuk memperindah tampilan hunian anda.

Selain fungsi tersebut, bagian ini juga dapat dimanfaatkan untuk bersantai bersama anggota keluarga lainnya, tempat bermain, hingga untuk menerima tamu. Karena bagian ini juga dapat berfungsi sebagai ruang tamu pengganti ketika bagian dalam rumah anda sedang tidak dapat digunakan atau sudah ada tamu lainnya.

Pada teras rumah, biasanya pemilik meletakkan perabotan, hiasan hingga tanaman-tanaman mini untuk memberikan kesan sejuk pada rumah. Akan tetapi dalam memilih jenis perabotan ataupun hiasan lainnya, tetaplah harus memperhatikan beberapa aspek, seperti luas serta desain yang akan digunakan.

Teras Rumah

Teras Rumah

Jika luas tanah untuk bagian ini cukup besar, maka bisa dibuat teras rumah yang luas dan besar. Dengan ketersediaan ruangan tersebut, maka pemilik pun bisa menggunakan perabotan dengan berbagai hiasan lainnya. Pada bagian ini biasanya menggunakan kursi dan meja berukuran kecil hingga sedang, dengan desain sederhana dan simpel. Untuk penggunaan hiasan pun dapat diaplikasikan berupa bunga lengkap dengan pot ataupun guci-guci berukuran sedang.

Lalu bagaimana jika ketersediaan area terbatas? Pemilik tetap dapat membuat teras rumah berukuran sederhana atau kecil. Untuk penggunaan perabotan sedikit akan terbatas. Penggunaan dua buah kursi mini dengan sebuah meja sudah cukup menjadi pelengkap perabotan. Letakkan pot bunga mini sebagai pemanis pada bagian meja tersebut. Jika anda memiliki teras rumah berukuran kecil, jangan bingung, karena asalkan masih tetap menjalankan fungsinya, maka ukuran tidaklah menjadi masalah.

Kemudian beralis kepada desain dari teras rumah itu sendiri. Terdapat beberapa desain yang dapat diterapkan, seperti desain minimalis, desain sederhana, ataupun menggunakan desain mewah. Kesemua itu kembali lagi kepada besarnya ketersediaan lahan.

Jika ingin menerapkan desain mewah, sebaiknya area yang tersedia cukup luas. Sehingga anda bisa menggunakan beberapa perabotan berdesain mewah dan berukuran besar. Lengkap dengan hiasan lainnya, seperti lampu teras, bisa menggunakan jenis lampu kristal ataupun jenis lainnya. Ingin menambahkan bunga-bunga berukuran besarpun tidak menjadi masalah, asalkan tetap memperhatikan susunannya, sehingga tidak memberi kesan sumpek dan justru menjadi sarang nyamuk. Pada bagian dinding bisa ditambahkan ukiran ataupun ornamen sebagai pelengkap teras tersebut.

Untuk desain sederhana atau minimalis, tentu saja jenis perabotan yang digunakan pun sederhana dan berdesain minimalis. Hindari penggunaan ornamen tambahan berupa ukiran pada dinding. Jika tetap menginginkan, anda bisa menggunakan permainan warna cat, seperti membentuk bingkai tambahan dari warna berbeda pada area jendela teras. Sehingga dapat memberikan kesan menarik tambahan.

Untuk pemilihan warna cat pada bagian ini, sebaiknya menyesuaikan dengan warna cat dinding lainnya. Misalkan anda menerapkan konsep minimalis, bisa menggunakan pilihan warna putih, abu-abu ataupun warna krem. Tetapi jika anda menggunakan konsep mewah, penggunaan warna terang seperti kuning, hijau ataupun merah mudah dapat di aplikasikan. Tetapi ada baiknya pemilihan warna disesuaikan dengan warna dinding lainnya agar tidak memberikan kesan tumpang tindih dan norak.

Karena teras rumah merupakan bagian terluar dari tempat hunian, sebaiknya kebersihannya selalu terjaga. Bersihkanlah sesering mungkin, minimal satu kali sehari. Sehingga pasir ataupun debu yang menempel pada lantainya tidak memberi kesan kotor pada teras anda.

Bayangkan jika ada tamu datang. Ketika mereka baru saja menginjakkan kaki, sudah terasa berbagai debu atau pasir di lantai teras. Ini tentu saja akan menyebabkan anda dicap sebagai pemilik yang malas membersihkannya. Terutama jika anda memutuskan untuk meletakkan berbagai macam tanaman, kebersihan dari tanah serta aliran air buangan dari pot tersebut harus benar-benar diperhatikan.

Gunakanlah teras rumah anda sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin. Karena disini anda bisa menghabiskan sore hari bersama anggota keluarga lainnya sambil bersantai. Entah sambil menyantap teh atau makanan cemilan lainnya.

Sumber gambar : http://goo.gl/Xw0gq

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0