Test Kecepatan Internet > Kumpulan Tulisan Terlengkap Test Kecepatan Internet

“Wah, koneksi internetku kok lambat sekali ya? Padahal aku sudah pakai operator yang katanya sangat cepat. Tapi kenyataannya buat download lagu yang cuma 3 mega bytes saja lamanya setengah mati!”

Keluhan ini tentunya sering kita dengar dari kalangan pengguna internet. Banyak yang tergiur iming-iming koneksi yang super cepat, ultra cepat, bahkan entah kata-kata apalagi yang digunakan untuk mempromosikan kecepatan internet operator seluler di negeri ini, meski kenyataannya tidak sedikit yang justru mendapatkan sebaliknya. Sudah bayar mahal, kecepatan internet yang didapat hanya sepersekian dari janji manis yang muncul di iklan. Anda pasti juga salah satu diantara pengguna layanan internet yang sering mengeluhkan kecepatan koneksi yang sering melambat justru disaat anda sedang membutuhkan kecepatan, misalnya untuk mengunggah atau upload dokumen dalam jumlah byte yang cukup besar, atau mengunduh lagu-lagu dan film kesayangan anda. Karena cukup banyak situs yang menawarkan unduh atau download gratis apapun yang anda inginkan.

Test Kecepatan Internet

Test Kecepatan Internet

Lalu, bagaimana caranya kita bisa mengetahui koneksi internet kita cepat atau lambat? Cara paling mudah test kecepatan internet memang dengan melihat seberapa cepat koneksi itu memproses alamat situs yang kita inginkan. Sangat kasat mata. Tapi karena tidak sedikit yang penasaran dengan kecepatan sesungguhnya koneksi internet yang sedang digunakan, maka mulai bermunculanlah aplikasi yang sifatnya menguji seberapa cepat koneksi internet anda. Bentuknya cukup beragam dengan berbagai nama dan tampilan yang diharapkan bisa menarik minat kita untuk mencobanya. Umumnya aplikasi penguji kecepatan internet itu tersedia di website yang khusus dibuat untuk itu. Tapi tidak sedikit juga penguji kecepatan ini tersedia dalam bentuk aplikasi yang harus diunduh dan diinstal lebih dulu.

Kalau tidak mau repot mengunduh dan install di komputer anda, silakan buka situs-situs penyedia tes kecepatan internet yang ada. Beberapa situs penyedia jasa tes kecepatan koneksi internet anda diantaranya www.speedtest.net , speedtest.cbn.id, reviews.cnet.com/internet-speed-test/ dan masih banyak lagi yang bisa anda manfaatkan, termasuk yang juga disediakan oleh operator seluler yang juga sekaligus penyedia layanan data seperti milik Indosat M2. Beberapa situs penyedia jasa ini juga ada yang mengkhususkan pada wilayah tertentu saja seperti pada website spekeasy.net/speedtest yang hanya diperuntukkan wilayah Amerika saja. Secara umum cara menguji kecepatan pada koneksi internet anda ada beberapa langkah sederhana. Pertama akses lebih dulu situs penguji yang ingin anda buka. Setelah muncul tampilannya, anda bisa langsung mengklik tulisan begin test atau start test. Website tersebut akan melakukan proses ping untuk memancing koneksi internet anda, kemudian setelah koneksi tersambung, website penguji akan langsung melakukan tes download untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan internet anda untuk melakukan proses unduh sebuah file.

Setelah selesai, proses akan berlanjut dengan menguji seberapa cepat kemampuan unggah atau upload sebuah file melalui jaringan internet anda. Tunggu saja selama satu atau dua menit untuk penyelesaian semua proses ini, maka anda akan segera mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang anda gunakan. Beberapa situs tes kecepatan koneksi internet juga ada yang mencantumkan hasil lengkap dengan kota mana yang menjadi tempat anda melakukan akses. Terkadang hasilnya memang tidak sama, apalagi kalau cuaca sedang mendung atau turun hujan yang lebat. Maklum, kemampuan operator penyedia layanan internet masih belum sehebat luar negeri. Kecepatan internet dalam negeri kita masih sebatas hingga 14 mega bit per detik. Jadi masih ada embel-embel “hingga” yang akhirnya membuat batasannya menjadi tidak jelas. Sementara di luar negeri seperti Hong Kong, kecepatan koneksi internetnya sudah melampaui 57 mega bit per detik.

Satuan yang diberlakukan untuk akses internet adalah bit bukan byte perdetiknya. Hal ini karena memang ada standar tersendiri untuk pengukuran kecepatan akses dimana 1 byte sama dengan 8 bit dan huruf “b” untuk bit memakai huruf kecil sedangkan untuk byte memakai huruf besar “B”. Jadi kalau anda melihat tulisan di modem anda kecepatannya adalah 3,1 Mbps jangan senang dulu. Karena itu artinya kecepatan internet anda cuma 3,1 mega bit per detik dengan perhitungan 1 Mbps sama dengan 128 KBps x 8 = 1024 Kbps. Tinggal kalikan saja dengan klaim yang tertera di modem anda maka akan didapat hasil sebenarnya. Bagaimanapun, dengan kecepatan segitu saja anda sudah merasakan koneksi yang cepat, tentunya akan sangat hebat lagi pengalaman berinternet kalau koneksinya secepat Hong Kong atau Korea Selatan yang dahsyat itu.

Sumber Gambar: http://uniquelifeguide.com/wp-content/uploads/test-internet-speed-online.jpg