Tujuan Pendidikan Nasional > Tulisan Terlengkap Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan masyarakat Indonesia untuk berakhlak mulia, beradab dan berketuhanan yang Maha Esa. Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan masyarakat Indonesia di segi Nasional atau pun Daerah, Selain itu Pendidikan Nasional ini diadakan guna memberikan kesamaan antar daerah supaya tidak terjadi kecemburuan karena daerah ini lebih dianggap lebih daripada daerah itu. Dengan adannya pendidikan Nasional ini selain membuat persamaan tiap daerah juga akan terjadi saling kejar mengejar dalam hal prestasi. Saling berlomba-lomba guna mencapai nilai yang terbaik.

Guna mencapai tujuan pendidikan nasional maka diadakanlah yang nama ujian nasional atau kita sering mendengarnya dengan istilah UN. ujian nasional biasanya dilakukan di akhir masa sekolah mereka. Seperti misalnya Sekolah SMA, maka UN dilakukan pada Kelas 3 Menjelang kelulusan. Untuk saat ini ujian nasional tidak menentukan 100% kelulusan bagi siswanya, melainkan penggabungan dengan nilai ujian sekolah pula. Hal ini dilakukan mungkin dengan maksud karena yang mengetahui layak atau tidak layaknya lulus sekolah tidak hanya berdasarkan ujian nasional saja, melainkan sekolah lebih mengetahui apakah muridnya itu layak lulus atau tidak. Maka dilakukan perubahan sistem penentuan lulus.

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional

Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan masyarakat dari kebodohan dan ketertinggalan, Namun Tujuan Pendidikan Nasional ini tidak dapat di lakukan secara sama setiap daerahnya, karena di Indonesia memiliki banyak daerah atau banyak provinsi dengan tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Seperti misalnya daerah A yang memang terletak di pelosok atau kampung yang nyaris terlupakan dan daerah B yang letaknya diperkotaan. Pasti hal ini harus ada perbedaan dalam hal pendidikan, karena lingkungan juga menjadi sebuah penentu kecerdasan anak bangsa Indonesia.

Sesungguhnya inti dari Tujuan Pendidikan Nasional adalah membuat atau membentuk karakter pada setiap manusia agar lebih mengerti tentang artinya Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Apabila Pendidikan tidak pernah ada maka saya sangat yakin akan terjadi sebuah peristiwa yang tidak akan mengenal apa itu perikemanusiaan. Yang ada hanyalah premanisme, brutalisme dan hal-hal negatif yang tidak ada dasar pendidikannya.

Selain mencerdaskan dalam Beriman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Pendidikan Nasional memiliki tujuan menghilangkan sifat manusia dari ketidaktahuan dan kebodohan. Karena dengan adanya pendidikan maka manusia akan menjadi seseorang yang bisa dikatakan pandai.

Tapi apakah pendidikan nasional di negara kita ini sudah sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, jawabannya antara ya dan tidak. Jawabannya ya karena ada beberapa atau sebagian daerah sudah sesuai dengan tujuannya pendidikan yaitu mencerdaskan masyarakat, menghilangkan ketidaktahuan dan kebodohan serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan jawaban tidak nya karena apakah sudah merata dalam hal pendidikan ini di Negara Indonesia tercinta ini, kalau sudah mengapa masih ada Anak yang sama sekali tidak mengenal ibu kota negaranya sendiri bahkan lebih parahnya lagi ada yang tidak tahu sama sekali mereka tinggal di negara mana. Bahasa Indonesia pun mereka tidak tahu.

Jadi menurut saya hal ini terjadi karena sebuah Pendidikan itu mahal, Pendidikan itu perlu biaya yang tidak sedikit. Banyak anak-anak kebanggan Indonesia yang berhenti sekolah karena orang tuanya tidak lagi mampu menyekolahkan anaknya. Banyak orang tua yang mengeluhkan mahalnya pendidikan yang harus mereka bayar. Ya itulah Indonesia, banyak anak-anak muda yang berbakat namun mereka kurang terpedulikan oleh mereka yang diatas karena anak-anak itu tidak memiliki banyak uang untuk mengenyam pendidikan.

Maka dari itu saya akan bertanya lagi, Apakah Tujuan Pendidikan Nasional sudah sesuai dengan Tujuan yang Pendidikan yang ada pada Pancasila dan UUD 1945. Jawabannya memang meragukan antara ya atau tidak. Tapi walaupun begitu kita harus yakin dan mau belajar meskipun memang yang namanya belajar di bangku sekolah itu sangat mahal, apalagi sekarang BBM juga lagi naik, pasti tambah mahal lagi :D. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

Source Pict : http://www.andysukma.com/216/

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0