Tumbuhan Langka – Tulisan Tentang Tumbuhan Langka

Tumbuhan langka perlu dilestarikan agar tidak mengalami kepunahan. Ada banyak tumbuhan langka terutama di Indonesia yang merupakan tanaman endemik Indonesia. Inilah beberapa diantaranya.

a.Rafflesia rochussenii. Bunganya berwarna merah tua  dengan bintil-bintil di  kecil  di permukaan atas perhiasan bunga. Saat mekar penuh diameter  bunganya bisa mencapai panjang 30 cm. Bau busuk akan tercium dari sana. Flora langka ini tak mengenal musim untuk mekar. Di musim kemarau bisa, di musim hujan pun jadilah. Spesies unik ini pernah ditemukan di kaki gunung Mandalawangi, gunung Perbakti, gunung Gede Pangrango juga di gunung Salak.

Tumbuhan Langka

pohon bintangur

b. Amorphophallus titanium. Bunga langka ini saat mekar sempurna  bisa mencapai tinggi tiga meter lebih. Bunga bangkai ini mekarnya dipengaruhi oleh cuaca. Makanya jika hujan terus,  ia bisa mekar dengan cepat. Rata-rata tumbuh 10 cm per harinya. Habitatnya di lereng-lereng bukit bahkan pada kemiringan 90 derajat.Bisa tumbuh baik pada tanah  kaya humus. Bunga bangkai jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878 di kawasan air mancur Lembai Anai Sumatera Barat oleh Dr.Odoardo Beccari, seorang ahli botani asal Italia.

c. Grammatophyllum papuanum J.J.Smith. Itulah nama ilmiah dari sejenis anggrek.  Umumnya disebut anggrek tebu. Dikategorikan sebagai anggrek  paling besar di dunia. Sekali berbunga, bisa ratusan kuntum jumlahnya. Satu rumpunnya saja bahkan bisa mencapai berat 1 ton. Batangnya bisa sampai 3 meter dengan tangkai bunga lebihdari 1 m. Jenis ini perlu dilestarikan agar tidak terjadi kepunahan seperti spesies anggrek  Phalaenopsis javanica yang endemik Jawa Barat atau Phalaenopsis gigantia atau anggrek bulan raksasa yang merupakan endemik Kalimantan.

Tumbuhan Langka

anggrek hantu

d.Nepenthes sp. Tumbuhan ini selain popular di Indonesia juga di dunia. Tumbuhan ini unik karena mempunyai perangkap untuk menangkap serangga kecil. Terdapat 90 spesies yang teridentifikasi di dunia. Hebatnya lagi 60 spesiesnya ada di Indonesia. Nama populernya di Indonesia cukup unik, kantong semar. Mengambil dari nama tokoh punakawan pewayangan bernama Semar yang badannya bulat dan pendek. Semua spesies nepenthes dikategorikan sebagai tanaman yang rawan mengalami kepunahan. Entah itu Nephentes rafflesiana, Nephentes hemsleyana Mcfarl, Naphentes hookerianaex Becc dimana suka hidup di dekat pepohonan di padang rumput terbuka.Daerah penyebarannya di Kalimantan, Malaysia dan Singapura.

Tumbuhan Langka

Tumbuhan Langka

e.Aquilaria hirta. Pohon gaharu atau candan ini termasuk tumbuhan langka di dunia.Tetapi sekarang banyak orang membudidayakannya. Alasannya, gupal atau getahnya bisa diolah menjadi bahan wewangian. Dan harganya juga mahal sekali walaupun tergantung kualitasnya juga. Beberapa tahun lalu jika orang membutuhkan gupal gaharu maka mereka mencarinya ke hutan. Tetapi sekarang, gaharu banyak dibudidayakan untuk kemudian diekspor gupalnya. Di berbagai negara seperti Saudi Arabia, Kuwait, Yamna, Turki, Jepang, Singapura, Amerika dan lainnya,  gupal gaharu dijadikan dasar pembuatan sabun dan wangi-wangian lainnya.

Tumbuhan Langka

welwitschia mirabilis

f. Calophyllum Lanigerum. Masyarakat menyebutnya pohon bintangur. Tanaman langka ini dipercaya dapat mengobati penyakit HIV/AIDS. Tanaman ini ditemukan di Kebun Raya Batam. Jadi Bintangor merupakan spesies asli Batam. Bintangor sudah lama dikenal sebagai  tumbuhan pesisir yang dapat dijadikan tanaman obat.

Tumbuhan Langka

paruh kakatua

g. Pterosperium Javanicum Jungh. Di Kalimantan Tengah lebih dikenal dengan nama bayur. Tetapi di beberapa daerah dikenal dengan nama balang, wadang, walang, wayu. Kualitas kayunya bagus sekali sehingga sering dijadikan konstruksi bangunan rumah juga furniture. Pohonnya bisa mencapai tinggi 59 m dengan diameter batang 54 cm.

h. Palaquium walsurifolium atau bantal sulam. Tinggi pohonnya bisa mencapai 45 meter dengan diameter batang 45 cm. Di daerah lain namanya beitis, margetahan, nyato,nyatoh,nyatoh jangkar. Senang tumbuh di rawa gambut dan mampu memproduksi lateks.

i.Eusderoxylon Zwageri demikianlah nama latin tanaman bulian. Nama lainnya belian timun, betian, talion bening, tebelian geriting, telianoii, teluyan, ulin, ulin bening, ulion. Dapat tumbuh nyaman di lereng perbukitan yang bertanah pasir. Sifatnya kuat dan tahan lama makanya penggunaannya pun sering untuk konstruksi berat. Tinggi pohon ini dapat mencapai 36 m dan diameter batangnya 95 cm.

j.Dyera Sp. Nama populernya adalah jelutung atau jelutong. Tumbuh di hutan dengan tanah berpasir pada ketinggian 400m. Tingginya bisa mencapai 75 m dengan batang berdiameter 159 cm. Kayunya dimanfaatkan manusia untuk membuat perabot dan getahnya bisa dibuat permen karet.

Tumbuhan Langka

raflesia arnoldi

k.Ficus uniglandulosa wall. Dikenal sebagai akar karak. Suka tumbuh di lereng bukit atau sepanjang aliran sungai. Juga di tanah liat berpasir atau berbatu kapur. Mempunyai tinggi 14 m dengan diameter batang 15 cm. Daerah penyebarannya adalah Kalimantan, Sumatera, Thailand, Filifina dan Semenanjung Malaysia.

l. Shorea singkawang. Meranti merah ini terancam kehilangan habitatnya. Tanaman meranti merah buahnya bisa menghasilkan minyak nabati. Keberadannya hanya terdapat di pulau Kalimantan dan sebagian kecil pulau Sumatera. Dalam bahasa Inggris disebut illepe nut atau borneo tallow nut.

m. Dryobalanops camphora. Kapur barus adalah nama pohonnya. Merupakan sumber utama dari kapur barus. Biasanya digunakan untuk dupa dan parfum. Pernah ditemukan spesies pohon ini dengan tinggi 75 m. Tanaman kapur barus       senang  tumbuh pada tanah berpasir kuning.

Sebenarnya masih banyak tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia. Bahkan Mangifera casturi atau mangga katuri yang merupakan tanaman endemik Indonesia sekarang sudah mengalami kepunahan di alam liar. Satu yang pasti, sebagai warga negara yang cinta lingkungan dan bangga dengan kekayaan hayati Indonesia, hendaknya kita turut melestarikan tanaman  langka tersebut, jangan sampai benar-benar hilang dari muka bumi atau diklaim bangsa lain sebagai tanaman endemik daerahnya. Oh tidak, jelas-jelas Indonesia kaya. Dan kita harus sepakat, berkomitmen untuk menjaganya agar tidak sampai punah.