Universitas Kristen Indonesia > Kumpulan Tulisan Menarik Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia (UKI) adalah sebuah universitas swasta yang berada di Jakarta, tepatnya di Jl. Mayjen Sutoyo No.2, Cawang, Jakarta. Universitas ini diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1953 dan memiliki moto “Melayani bukan dilayani”.

Sejarah

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1945, para pemuka agama Kristen saat itu ingin mengisi kemerdekaan dengan mendirikan Dewan Gereja Indonesia (DGI). Pendirian DGI tersebut cukup mempengaruhi dunia pendidikan saat itu yang bisa dibilang dalam keadaan terdesak, karena ketika itu bangsa Indonesia membutuhkan sumber daya manusia untuk mengisi lapangan kerja.

Universitas Kristen Indonesia

Universitas Kristen Indonesia

Dengan banyaknya masyarakat Kristen yang ingin berpartisipasi dalam dunia pendidkan Indonesia, maka dibuatlah sebuah komisi khusus yang dipimpin oleh Prof. Dr. I.P. Simandjuntak MA. Komisi tersebut memiliki tugas untuk membuat suatu studi kelayakan untuk mendirikan sebuah universitas. Komisi tersebut juga wajib melaporkan hasilnya kepada DGI. Kemudian pada tanggal 30 Juni 1953 DGI mengeluarkan resolusi mengenai Universiteit Kristen. Resolusi tersebut, yang ditandatangani oleh Ds. W.J. Rumambi selaku Sekretaris Umum DGI dalam Sidang lengkap DGI dari tanggal 20 s/d 30 Juni 1953, mengusulkan kepada semua gereja dan masyarakat Kristen di Indonesia untuk membantu sepenuhnya pendirian Universiteit Kristen, baik secara moril maupun materiel.

Dari resolusi itulah, para tokoh Kristen Indonesia yakni Mr. Todung Sutan Gunung Mulia, Mr. Yap Thiam Hien, Benjamin Thomas Philip Sigar, atas nama gereja-gereja yang tergabung dalam DGI, mendirikan Yayasan Universitas Kristen Indonesia dihadapan notaris Raden Kadiman, dengan nomor akte 117, tertanggal 18 Juli 1953. Anggota Yayasan kemudian bertambah dengan hadirnya Elviannus Katoppo, Ong Jan Hong MD, Aminudin Pohan MD, Seri Condar Nainggolan MD, Benjamin Prawirohadmodjo, Pdt. Komarlin Tjakraatmadja, Gerrit Siwabessy MD, Tan Tek Heng, dan J.C. Simorangkir. Tiga bulan kemudian, yaitu tanggal 15 Oktober 1953, Universitas Kristen Indonesia diresmikan . Universitas Kristen Indonesia saat itu memiliki dua fakultas saja, yaitu Fakultas Sastra dan Filsafat, serta Fakultas Ekonomi. Seiring dengan perkembangan zaman, maka didirikanlah beberapa fakultas lainnya, seperti Fakultas Hukum pada tahun 1956, Fakultas Kedokteran pada tahun 1962, Fakultas Teknik pada tahun 1963, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada tahun 1995.

Visi dan Misi

Visi: Menjadi universitas unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang antisipatif dalam era globalisasi berdasarkan nilai-nilai kristiani.

Misi:

– Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompeten di bidangnya dan mampu bersaing di era global.

– Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, dan sistem pelayanan administrasi akademik dan umum dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

– Meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM yang berkelanjutan.

– Meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

– Mengembangkan hubungan kerja sama dengan institusi nasional dan internasional yang saling menguntungkan dan dengan lembaga-lembaga gerejawi dalam semangat ekumenis.

– Perubahan yang terjadi di masyarakat melalui wawasan nilai moral dan etika, serta karya pengabdian masyarakat yang berkualitas.

Fakultas

Saat ini Universitas Kristen Indonesia memiliki 9 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Fisioterapi, dan Program Pascasarjana.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbagi menjadi 8 program studi, yaitu:

1. Program Studi Bimbingan dan Konseling

2. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

3. Program Studi Pendidikan Matematika

4. Program Studi Pendidikan Biologi

5. Program Studi Pendidikan Fisika

6. Program Studi Pendidikan Kimia

7. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin

8. Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Fakultas Sastra memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Sastra Inggris (S1) dan Program Studi Bahasa Inggris (D3).

Fakultas Teknik terbagi menjadi 4 program studi, yaitu:

1. Program Studi Teknik Elektro, dengan bidang peminatan : Energi Terbarukan, Teknik Kontrol, Teknik Telekomunikasi, Telematika/Sistem dan Teknologi Informasi.

2. Program Studi Teknik Mesin, dengan bidang peminatan : Konversi Energi, Manufaktur.

3. Program Studi Teknik Arsitektur, dengan bidang peminatan : Perencanaan Kota, Permukiman & Wilayah (Sustainable Urban, Settlement &  Regional Planning and Design), Bangunan Hijau (Green Building).

4. Program Studi Teknik Sipil, dengan bidang peminatan : Konstruksi Bangunan Tahan Gempa, Pengelolaan Sumber Daya Air, Transportasi, Manajemen Konstruksi.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terbagi menjadi 2 program studi, yaitu:

1. Program Studi Ilmu Komunikasi

2. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0