Universitas Pakuan > Kumpulan Informasi Terlengkap Mengenai Universitas Pakuan

 Universitas Pakuan merupakan Universitas swasta yang berlokasi di Bogor. Universitas yang ketika saat itu terbentuk pada tahun 1980 ini sebenarnya merupakan suatu kelanjutan dari Universitas Bogor yang telah berkiprah sebelumnya yaitu hampir dua dekade hingga sekitar tahun 1980.

Dengan tidak berjalan sendiri atau melalui hubungan kerja sama dengan perguruan tinggi swasta lainnya, Universitas ini juga merupakan bentuk gabungan dari beberapa perguruan tinggi swasta yaitu Akademi Pariwisata, IKIP PGRI, Akaemi Bahasa Asing, Akademi Sekretaris Manajemen Internasional dan juga Akademi Ilmu Agama Islam yang dinaungi oleh Yayasan Perguruan Tinggi Bogor (YPTB).

Universitas Pakuan

Universitas Pakuan

Pada tanggal 1 November 1980 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Universitas Bogor tersebut, Universitas Bogor secara resmi berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah naungan Yayasan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS-PUP), yaitu yayasan baru yang dibentuk oleh Yayasan Kartika Siliwangi sebagai pengganti dari YPTB. Pada saat terbentuknya Universitas Pakuan ini memiliki 4 fakultas yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Setahun kemudian, terjadi perkembangan dengan dibukanya Fakultas Teknik, dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), dan juga mulai dibukanya program Diploma I Teknik Survei Lahan dan Pemetaan. Hingga tahun 1997, jumlah jurusan yang ada di Universitas Pakuan terus meningkat dan sudah mencapai 21 jurusan.

Tanggal 23 Oktober 2002, Yaysan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS-PUP) berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS) yaitu yayasan baru yang sudah melepaskan diri dari Yayasan Kartika Siliwangi di Bandung. Tentu saja dengan diperbaharuinya ijin operasional penyelenggaraan program studi di lingkungan Universitas Pakuan pada tahun 2007 yaitu dengan sebanyak 24 program studi otomatis membuat seluruh program studi yang ada di Universitas Pakuan sudah memiliki ijin operasional. Pada tahun yang sama yaitu tahun 2007, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah mengeluarkan ijin operasional penyelenggaraan Program Studi Baru di Unpak yaitu  program studi Manajemen untuk program Magister (S2), Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk program Sarjana (S1), Manajemen Keuangan dan Perbankan untuk program Diploma (D3), Teknik Komputer untuk program Diploma (D3), Manajemen Informatika untuk program Diploma (D3).

Pada tahun 2008 Fakultas Sastra secara resmi dan bangga membuka Program Studi baru yaitu Ilmu Komunikasi untuk program Sarjana (S1). Hingga saat ini Universitas Pakuan memiliki beberapa Program Pascasarjana (S2) dengan 4 Program Studi yaitu antara lain Manajemen Pendidikan, Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup, Ilmu Hukum dan Magister Manajemen. Program Sarjana (S1) dan Program Diploma III (D3) yang tergabung di dalam 6 (enam) fakultas yaitu : Hukum, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sastra, Teknik dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Fakultas-Fakultas Universitas Pakuan dan program studi yang tersedia :

  • FakultasEkonomi

Dengan Jurusan : Program Studi Manajemen, dan Akuntansi

  • Fakultas Hukum

Dengan Jurusan : Program Studi Ilmu Hukum

  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dengan Jurusan : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

  • Fakultas Sastra

Dengan jurusan : Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Jepang, Program Studi Ilmu Komunikasi

  • Fakultas Teknik

Dengan Jurusan : Program Studi Teknik Elektro, Teknik Geodesi, Teknik Geologi, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Tata Kota

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Dengan Jurusan : Program Studi Biologi, Farmasi, Ilmu Komputer, Kimia, dan Matematika

Universitas Pakuan adalah universitas yang selalu menjunjung tinggi kualitas dan fasilitas yang selalu mendukung bagi mahasiswa dan mahasiswi mereka, oleh sebab itu jika Anda merupakan alumni dari universitas manapun yang ada, anda harus selalu memberikan yang terbaik bagi tempat darimana Anda berasal karena sangat penting untuk selalu menjaga hubungan yang baik serta selalu menjunjung tinggi tempat dahulu kita menimba ilmu, karena jika kita tidak dapat menghormati darimana kita berasal sepertinya akan sulit untuk diterima masyarakat. Tentu saja dengan kita mengakui dengan bangga apalagi kita berprestasi di bidang masing masing bukan tidak mungkin universitas akan memberikan referensi atau rekomendasi ke jaringan universitas tersebut agar kita dapat bekerja dengan cepat tanpa perlu mencari cari.