Universitas Pelita Harapan – Tulisan Terlengkap Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan atau UPH adalah sebuah perguruan tinggi Kristen swasta yang didirikan pada Mei 1994 oleh Dr. James Riady (Lippo Group) dan Ir. Johannes Oentoro. Mulanya UPH menempati gedung sementara dengan luas areal areal sebesar 45 m²  di lantai 2 Gedung Lippo Bank, Kedoya, Jakarta, lalu pindah ke Menara Asia di Lippo Karawaci, Tangerang, dua bulan kemudian dengan menempati lahan belajar mengajar seluas 250 m².. Pada tanggal 5 September 1994, tercatat 250 mahasiswa yang belajar di 3 fakultas dan 8 jurusan. Pada saat itu pembangunan gedung UPH tower masih berjalan.

YUPH (Yayasan Universitas Pelita Harapan) memiliki komitmen dalam dunia pendidikan dan terlihat dalam manajemen profesional, fakultas dengan kualitas tinggi, kurikulum dan program beasiswa untuk mahasiswa luar biasa yang membutuhkan bantuan keuangan.

Dengan berdasarkan prinsip kekristenan, Univesitas Pelita Harapan bertujuan untuk menyediakan pendidikan yang baik melalui pendekatan yang berorientasi pada manusia, kemitraan strategis global, dan  manajemen profesional. Melalui sistem kepemimpinan, pembelajaran dan kemampuan berkomunikasi, karakter dan sikap, UPH melandaskan sebuah reputasi yang kuat dengan menggabungkan pengetahuan, iman dan karakter.

Setahun kemudian seluruh kegiatan perkuliahan dipindahkan ke Menara UPH (juga dikenal sebagai kampus karawaci Gedung A) dengan luas sekitar 1.250 m² . Pada tahun itu pula Yayasan Pelita Harapan meresmikan Akademi Pariwisata Pelita Harapan dengan jurusan Manajemen Usaha Wisata, Manajemen Perhotelan dan Fakultas Ilmu Komunikasi. Dengan bertamba hnya jurusan dan mahasiwa, pembangunan gedung kuliahpun bertambah pada tahun-tahun berikutnya.Meningkatnya pendaftaran mahasiswa telah membentuk UPH menjadi sebuah kampus multi budaya, dengan mahasiswa berasal lebih dari 15 negara, termasuk Amerika Serikat, China, Jerman, Korea dan Russia.

Tahun 2006, sebuah gedung dengan konsep baru dengan luas sebesar 5.000 m² dan melingkupi tiga lantai didirikan di gedung C, kampus Karawaci. Pada tahun yang sama, kelas internasional dibuka untuk mahasiswa yang ingin memperoleh gelar sarjana di Indonesia dan program Master di daerah Semanggi, Jakarta dan tahun 2007 membuka cabang di luar Jakarta, tepatnya di Surabaya , Jawa Timur )Program Sarjana S1 dan S2 Master). UPH juga  menerapkan beberapa teknologi tinggi dalam sistem belajar-mengajarnya.

Baru-baru ini UPH (Universitas Pelita Harapan) Karawaci memperoleh peringkat pertama di antara seluruh universitas swasta di Indonesia menurut QS University Ranking: Asia 2013. Menurut survey yang dirilis pada 17 juni 2013 ini, hanya 10 universitas Indonesia tercatat dalam 300 universitas terbaik di Asia. UPH berada di peringkat pertama.

Pada tahun 2012, UPH beranjak dari peringkat 382 ke peringkat 277. Sebagai informasi, QS University Ranking adalah agensi survey berdiri sejak 2004 dan berlokasi di London. Dinilai objektif dan dapat diandalkan, mereka menggunakan metodologi untuk menganalisa data berdasarkan kategori peringkat, seperti reputasi akademis, reputasi institusi, fakultas yang memiliki kualitas baik dalam sistem belajar mengajar, jumlah karya ilmiah, fakultas internasional, mahasiswa internasional, pertukaran pelajar dan jumlah mahasiswa asing yang mendaftar di perguruan tinggi tersebut.

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan

Rektor UPH, Ir. Jonathan. L. Parapak menyambut baik dan menghaturkan terima kasih untuk apresiasi yang diberikan oleh QS melalui QS University Ranking: Asia 2013. Pencapaian ini akan mendorong UPH untuk lebih maju lagi dan menetapkan diri sebagai univeristas dengan standar internasional.

Program Sarjana (Strata 1) yang dimiliki oleh UPH antara lain :

  1. Fakultas Hukum
  2. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan - Travel Industry Management, Hospitality Management
  3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik – International Relation, Ilmu Komunikasi
  4. Business School – Akuntansi, Manajemen
  5. Fakultas Ilmu Seni
  6. Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan – Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Interior, Desain Komunikasi dan Visual, Produk
  7. Fakultas Kedokteran – Sekolah Keperawatan
  8. Fakultas Teknologi Industri – Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknologi Makanan
  9. Fakultas Ilmu Komputer – Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer
  10. Fakultas Sains dan Matematika – Biologi, Matematika
  11. Fakultas Ilmu Kependidikan – Pendidikan Guru, Sastra Inggris
  12. Fakultas Musik
  13. Fakultas Psikologi

Program Magister (Strata 2)

  1. Magister Teknik Elektro
  2. Magister Teknik Industri
  3. Magister Teknik Sipil
  4. Magister Manajemen
  5. Magister Pendidikan
  6. Magister Komunikasi
  7. Magister Teknologi Pangan
  8. Magister Hukum

Program Doktoral (Strata 3)

  1. Doktor Hukum

Sumber gambar: mensa.web.id

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0