Usaha Kecil – Catatan Terlengkap Tentang Usaha Kecil

Usaha kecil saat ini banyak diminati oleh kalangan menengah maupun anak muda. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha tidak perlu bermula dengan modal besar atau perusahaan besar. Hilangkan metode seperti itu, mulailah dari hal yang terkecil namun bernilai besar, tinggal bagaimana kreatifitas mengolahnya.

Prinsip semacam itu menjadi dasar bagi pengusaha kecil yang baru mulai usahanya. bisnis tersebut banyak dikembangkan oleh kalangan muda, karena mereka mencoba kreativitasnya dapat bermanfaat serta memiliki nilai jual. Bahkan sekarang banyak berkembang para institusi, perusahaan besar, maupun koperasi/bank memberikan kompetisi wirausaha dengan memberikan pinjaman tanpa bunga khusus usaha kecil menengah. Keberadaan pihak-pihak tersebut membuat pengusaha kecil mulai unjuk gigi saling bersaing memperoleh kesempatan mendapatkan pinjaman kewirausahaan dengan jumlah cukup menggiurkan.

usaha kecil

http://blog.indotrading.com

Pelatihan kewirausahaan mulai dikembangkan dibeberapa institusi pendidikan untuk mengatasi pengangguran setelah lulus kelak, dapat menjadi interpreneurship yang handal. Kepentingan mengatasi permasalahan pengangguran memang tepat adanya, selain itu mendidik anak muda mampu menciptakan lapangan pekerjaannya sendiri. Keberadaan usaha kecil menengah di tengah perekonomian Indonesia merupakan penopang bagi pendapatan negara.

Semakin bertumbuhnya bisnis semacam ini akan mampu menyerap tenaga kerja sehingga dapat menjadi solusi bagi masalah pengangguran. Banyak pengusaha muda mengalami kendala dalam pemasaran, promosi, modal, serta kendala lainnya tidak membuat ketertarikan dalam bidang ini menurun. Justru membuat semakin berkembang dan semakin menjanjikan, menghasilkan potensi pendapatan luar biasa terutama bagi pengusaha yang kreatif serta berkembang. Dibandingkan dengan usaha besar, usaha kecil memiliki fleksibilitas cukup tinggi. Menggunakan modal kecil serta sistem manajemen sederhana dapat menghasilkan pendapatan lebih dari tiga kali lipat dari hasil penjualan. Beragam jenis usaha kecil yang berkembang di Indonesia menjadi idola bagi wirausaha muda sebagai berikut:

- Usaha kecil rumahan

Beragam jenis bisnis rumahan berkembang diberbagai daerah dengan bermodal kreativitas dan keahlian bagi pemiliknya. bisnis rumahan tersebut dapat berbentuk jasa serta barang seperti rumah makan, toko kelontong, kerajinan tangan, jasa service elektronik atau otomotif, kue kering dan sebagainya.

- Usaha kecil berbahan limbah

Alternatif penyelamatan limbah untuk kepentingan bumi kita adalah melakukan daur ulang limbah. Salah satu cara melakukan daur ulang limbah adalah kreativitas kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Perkembangan sumber daya manusia membuat berbagai macam cara kreativitas dilancarkan seperti pengelolaan limbah menjadi kebutuhan bermanfaat. Produk berbahan dasar limbah ini mulai diminati masayarakat karena keunikannya dan menjadi komoditi jual cukup lumayan. Produk limbah ini seperti pembuatan tas dari bungkus plastik, membuat papan pengganti triplek dari botol plastik, dan produk limbah lainnya.

- Bisnis waralaba atau franchise

Trend bisnis waralaba atau franchise ini menjadi pilihan favorit sekarang ini ditengah pesatnya perekonomian dan teknologi. Waralaba menurut versi orang Indonesia adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain melalui suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain dalam rangka penjualan barang dan jasa. Bisnis waralaba yang sudah berkembang seperti percetakan, desain, multimedia, laundry, konveksi, aksesoris dan sebagainya.

Pengaruh besar dari keberadaan usaha kecil adalah dari tingkat kreativitas, promosi di wilayah pemasaran, serta pengembangan jaringan untuk bahan baku dan penjualan. Jika wirausahawan lemah dibidang tersebut kemungkinan akan menjadi kendala pada perintisannya kelak. Proses kreativitas selalu berkembang jika melakukan berbagai macam pelatihan maupun workshop-workshop pada bidang sama, dengan begitu proses kreatif terus meningkat dan dapat diolah.

Promosi dapat diatasi melalui online dan jejaring sosial jika secara langsung susah dijalani, apalagi saat ini banyak layanan online yang membantu peningkatan usaha kecil. Selain itu promosi dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai macam pameran produk dan bazar yang diadakan oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta.

Pengembangan jaringan untuk memperoleh bahan baku serta penjualan meningkat dapat dilakukan secara online serta terjun langsung ke pasar. Proses pengembangan usaha memang tidak mudah membutuhkan waktu serta kerja keras ditambah keuletan dari para wirausahawan. Namun bukan tidak mungkin jika menjalaninya secara tekun, karena hampir 70% masyarakat Indonesia sudah mulai merambah usaha kecil menengah ini.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0